VMWare Workstation Player atau VirtualBox untuk Proxmox?

  • Posted on: 27 August 2017
  • By: webadmin

Proxmox sebagai Technologi Virtualisasi yang popular (dan 100% FREEWARE) tentu mengundang penasaran orang IT untuk mencobanya. Untunglah Proxmox dapat dijalankan di Windows untuk sekedar mencoba atau mempelajarinya di Windows dengan menggunakan VMWare Workstation Player atau VirtualBox. Mana yang sebaiknya kita pakai?

  1. Preference Setup Location
    VirtualBox memungkinkan kita menentukan lokasi default untuk Virtual Machine (VM), misalnya diarahkan ke D:\VirtualBox sehingga drive C yang berisi Windows tidak kepenuhan. Fitur ini sayangnya tidak ada di VMWare Workstation Player sehingga perlu ditulis manual setiap kali membuat VM
     
  2. Cloning
    Fitur ini sangat membantu jika kita ingin membuat VM baru berdasarkan setting VM yg sebelumnya. Fitur ini sangat berguna misalnya untuk membuat Clustering di Proxmox yang membutuhkan beberapa VM. Fitur ini hanya tersedia di VirtualBox.
     
  3. Multi NIC
    Baik VMWare Workstation Player maupun VirtualBox mendukung multi NIC, sehingga user bisa memasang lebih dari 1 LAN Card pada sebuah VM. VirtualBox secara default mendukung 4 NIC sedangkan VMWare Workstation Player secara default hanya 1. Pada VMWare Workstation Player anda harus menambahkan secara manual.
     
  4. Save VM State
    Fitur ini tidak ada di VMWare Workstation Player, hanya ada di VirtualBox.Apa guna fitur ini? Fitur ini sangat berguna ketika Host (Windows) masuk ke posisi Hibernate kemudan saat Weak Up (aktif kembali) maka biasanya koneksi antara Host dan VM terputus (sedangkan jika VM restart maka koneksi antara VM akan normal tetapi tidak terhadap Host). Dengan fitur "Save the machine state" maka saat VM diaktifkan kembali maka koneksi antara Host dan Guest akan kembali normal.
     

Melihat dari perbandingan VMWare Workstation Player dan VirtulBox maka tidak heran banyak user menggunakan VirtualBox daripada VMWare Workstation Player untuk membuat Virtualisasi Proxmox di Windows.